Sharing USB Modem via Wifi

Ada 2 laptop, dua-duanya ada wifinya tapi cuman punya satu modem USB. kalo pas ngenet sering direcokin ama istri qiqiiqiqiqiqi. Otak mulai berpikir apa harus beli router untuk sharing connection? Biaya lagi dong..he..he..he.. tapi keinginan untuk sharing sangat terlalu kuat, kulangkahkan kaki ke toko komputer. Tanya router untuk usb modem, eh ternyata gak ada wkwkwk gaptek juga ternyata aku yang ada cuman yang menggunakan modem adsl. Udah lama banget gak ngotak-ngatik komputer selain hanya untuk ngerjakan kerjaan kantor dan Adobe Photoshop :D.
Lalu kutelpon teman andalanku bila aku mendapat kesulitan tentang komputer. "Mok (namanya Moko), ada gak router untuk sharing usb modem pake 2 laptop?" tanyaku. Lalu moko menjawab "Gak ada router untuk USB Modem, kamu perlu nyambung berapa laptop sih?. "Dua", kataku. "Kalau cuman dua kan bisa di share pake add network", sahut moko. Akhirnya pembicaraan berlanjut tentang cara menyambung 2 laptop.
Aku pulang dengan banyak harapan dan pengen cepet sampai di rumah. Sesampainya di rumah tetep masih bingung gak bisa konek-konek.
Aku Browsing untuk mencari cara sharing USB Modem, yang akhirnya menemukan satu artikel menarik

Sharing Koneksi Internet 3G via WIFI Peer to Peer

Sebenarnya ingin kusadur, tapi belum mendapat ijin dari yang punya blog.
Sekarang aku sudah bisa sharing 2 laptop dangan satu Modem
Thanks buat Helmi's Blog :)

Sudah dapet ijin untuk menyadurnya, ini copy paste dari blognya Helmi

Sharing Koneksi Internet 3G via WIFI Peer to Peer

24 Feb
Ku mo sharing sedikit crita mengenai koneksi internet shared dengan menggunakan wifi connection secara peer to peer. Kebetulan koneksi inet yang saya pake sebagai sample yaitu inet koneksi 3g Indosat Broom menggunakan USB modem ZTE, dengan 2 onggok laptop yang nantinya akan dijadikan bahan percobaan.
Oks,siapin kopi n rokok untuk sedikit setting disini :P
Setting Shared Inet Kamu di Modem
Pastiin setting koneksi dari modem ke laptop sudah sesuai dengan setting provider inet yang anda pake. Kemudian, meluncur segera ke Network Connection. Disitu akan keliatan modem ente yang dah aktif. Simply,right click, kemudian pilih properties di modem bersangkutan. Akan muncul jendela baru untuk konfigurasi. Klik tab advanced.                                        
Berilah tanda centang pada Allow others network user to connect …
Tentukan Home Networking di Wireless Network Connection
Setting Koneksi Ad Hoc Wifi
Oks, sekarang saatnya setting koneksi untuk wifi nya. Pada Network Connection, klik kanan Wireless Network Connection -> Properties -> Pada tab General -> Internet Protocol (TCP/IP) -> Properties
set IP                    : 192.168.0.1
Subnet Mask        :  255.255.255.0
Klik ok, kemudian beralihlah ke Tab Wireless Network. Klik Add, kemudian tentukan nama SSIDnya, WEP key(opsional kalo mo dipakein password dll)
selesai setting nama wifi nya, klik OK, trus akan balik ke windus Wireless Network. Klik Advanced, kemudian set ke Ad Hoc(Computer-computer )
Jika sudah, klik close, kemudian Ok untuk apply setting.
Sampai tahap ini, setting untuk ’serper’ dh ok, sekarang tinggal setting di client.
Untuk client, masuk ke wireless network nya, terus setting IP.
Masukkan ip address dengan range class 192.168.0.x dengan subnet mask 255.255.255.0
default gateway nya diarahkan ke 192.168.0.1 (ip serper)
Ada beberapa tambahan setting untuk DNS dan juga WINS. Nilai nya bisa dilihat dengan mengetikkan ipconfig /all di laptop server. kurang lebih akan muncul tampilan sebagai berikut :
Sekarang tinggal connect aja dari komputer client ke wifi ente tadi , ..Semoga berhasil.. :D


Comments

Post a Comment

Popular Posts