Melangkahkan kaki ke Stasiun Tanjung Priok



7 January 2012


Bermodalkan koordinat yang ku searching di google -6.109875,106.881477 yaitu letak Stasiun Tanjung Priok, pagi-pagi sekali aku meluncur ke arah sana dan sebelumnya menjemput dua orang temanku dulu Bayu dan Dede. 

Sampailah aku di stasiun Tanjung Priok, terlihat bangunan kuno yang sangat menarik, tapi sayang parkirannya sempit, terlihat juga antrian penumpang Kereta Api Ekonomi, yang mana loketnya belum dibuka juga. Aku masuk ke peron, dan aku kagum akan bangunan Belanda ini yang dibangun pada tahun 1914. Stasiun ini pernah berhenti bertugas antara tahun 2001-2008, lalu pada tahun 2009 dibuka kembali.
Aku duduk di salah satu bangku stasiun dan kulihat kemegahan stasiun ini yang berbetuk hanggar. Sudah tak sabar aku mau mengambul beberapa gambar dan kulihat beberapa security di sudut kursi, kusamperin dan kuminta ijin untuk mengambil beberapa foto, tetapi dilarang mengambil foto disini, sedikit heran juga padahal ini termasuk publik area, kalo mau moto harus ijin ke kantor dulu, dan kepala stasiunnya baru masuk sekitar jam 11 an , halah sangat membuang waktu dan itupun belum tentu memperoleh ijin. Ya sudahlah kalau tidak boleh mengambil foto disini aku akan memutar ke belakng dan mengambil foto seputran rel kereta api saja yang melewati perumahan penduduk. Berjalanlah aku memutar ke belakang melewati perkampungan penduduk, dan kulihat banyak sekali bekas warung di sekitar rel ini lalu kutanyakan kepada orang-orang yang melintas dan penduduk sekitar ternyata disini kalo malam adalah tempat prostitusi dimana para wanita malam dan warung remang-remang beroperasi pada malam hari. Aku tidak terlalu banyak mengambil foto disini, lebih banyak duduk dan menikmati secangkir kopi. Aku lebih banyak mengamati untuk memperkenalkan diri di lingkungan ini. Semoga aku di kesempatan berikutnya bisa lebih banyak mengambil gambar disini.



 
 
 






 





Comments

  1. dari sekian koleksi foto yg ada aku suka sm yg "melangkah kaki ke Tanjung Priok " fotonya apa adanya dan natural bgt....saran dong coba sesekali ambil spot foto ke batar gebang atau daerah kumuh kan dah biasa foto tempat yg bagus2 dan indah2 coba sekali2 foto di tempat yg kotor dan kumuh...(ini cuma saran lho).makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir di blog saya, saya sangat welcome terhadap saran-sarannya. Memang sudah biasa ke tempat yang indah-indah tapi tidak semua orang pernah ke tempat yang saya kunjungi, saya hanya berusaha memberikan informasi atau catatan perjalanan. saya sudah beberapa kali ke tempat yang "kumuh" seperti anda katakan...tapi..saya belum siap untuk mengeksploitasi daerah dan kehidupannya dengan foto-foto saya. Ada sedikit perang batin di diri saya..kecuali saya seorang wartawan yang tulisannya mungkin bisa membantu perkembangan daerah tersebut. Hmmm...tapi akan saya coba ...thanks atas masukannya :)

      Delete
  2. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts